Senin, 17 Agustus 2009

kora pendidikan

17 Agustus tahun ’45,
itulah hari kemerdekaan kita,
hari merdeka nusa dan bangsa,
hari lahirnya bangsa Indonesia,
Merdeka!

Masih inget dengan cuplikan lagu di atas? Yop, bentar lagi Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan negara Indonesia kita tercinta nie! So, kegiatan apa aja nie yang bakalan prend TJ adakan? Biasanya kan ada tuh lomba-lomba atau kegiatan sosial yang dilakuin barengan temen-temen di sekolah, kampus atau di lingkungan rumah. Tapi kebanyakan kegiatan yang diadain pasti lomba-lomba yang kayaknya udah jadi tradisi tiap tahun, misalnya aja lomba makan krupuk, balap karung, panjat pinang dan lain-lain. Sekarang pertanyaannya, apa kegiatan ini bisa menimbulkan rasa nasionalisme terhadap diri kita dalam memeperingati hari kemerdekaan Indonesia? Kayaknya sih gak kan? Cuma buat seneng-seneng aja.
Seharusnya mengisi HUT kemerdekaan Indonesia itu bisa dengan kegiatan yang benar-benar menunjukkan rasa nasionalisme. Contohnya aja seperti lomba menyanyikan lagu nasional yang telah diciptakan oleh para pahlawan kita dulu. Terus lomba pakai baju daerah atau lomba kesenian dari berbagai daerah. Secara kan kita harus menghormati dan melestarikan apa yang menjadi milik bangsa kita, sekalian biar gak diklaim sama negara lain. Bener banget tuh prend TJ jangan cuma ambil seneng-senengnya aja, yang penting pelajaran apa yang bisa kita dapat dan manfaatnya buat kita. Well kalo tiap peringatan HUT RI isinya cuma gitu-gitu aja lalu dengan cara apalagi biar kita bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda Indonesia?
Secara kan kalo diperhatikan di era globalisasi yang semakin modern ini rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri udah semakin luntur dari peradaban. Banyak banget yang melakukan kerusuhan di dalam negeri sendiri, ada juga tuh yang masuk jaringan teroris untuk merusak nama baik Indonesia dengan berbagai macam alasan yang sebenarnya malah keliru. Ada juga contoh yang paling mudah nie prend TJ, generasi muda Indonesia gak hafal sama yang namanya lagu-lagu nasional yang udah diciptain oleh para pahlawan untuk membangun semangat dan rasa nasionalisme. Bahkan, ada juga nie mahasiswa yang gak hafal sama yang namanya Pancasila! Waduh-waduh parah banget sih, secara udah dari SD kale Pancasila itu diajarin.
Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang! Jadi dengan mengenal budaya bangsa sendiri maka akan tumbuh rasa cinta terhadap Indonesia. Weeee so sweet… emang bener banget tuh prend TJ kita harus mencintai negara kita tercinta ini. Secara ya kita itu lahir, hidup dan mati di Indonesia, setelah mati nantinya kita juga akan dikebumikan di tanah Indonesia, maka tumpah darah kita adalah Indonesia, tumpah darah kita untuk Indonesia. Berhubung sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa, kita harus membuat hari kemerdekaan ini menjadi lebih bermanfaat dan lebih bermakna dari tahun-tahun yang lalu. Selamat ulang tahun ke-64 Indonesia, kami cinta Indonesia, Merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar